Senin, 29 Februari 2016

Short Biography : Ellie Goulding

 

Ellie Goulding adalah penyanyi berkebangsaan Inggris yang terkenal lewat debut album Light di tahun 2010. Mantan kekasih DJ Skrillex ini memiliki suara khas yang berhasil menyabet perhatian dunia. Mau tau profil dan biodata Ellie Goulding terlengkap? Simak ulasannya di bawah ini.

 Ellie memulai karirnya saat ia betemu dengan produser rekaman Starsmith dan seorang penyanyi beat boxer sekalikus produser rekaman Frankmusik. Ia kemudian dutemukan oleh Jamie Lillywhite yang kemudian menjadi manager sekaligus A&R nya. Meski Ellie Goulding menandatangani kontraknya denganPolydor Record di bulan Juli 2009, ia merilis album extended play nya di akhir tahun 2009 di bawah label independen Neon Gold Records di tanggal 29 November. Singlenya yang berjudul Under the Sheet menempati posisi ke 53 dalam tangga lagu UK setelah suksesnya Goulding tampil di sebuah acara Later.. with Jools Holland. Dalam acara tersebut ia menyanyikan Under the Sheet dan Guns and Horses. Ellie Goulding juga mengikuti tour UK dari artis Little Boots untuk meningkatkan popularitasnya. Untuk lebih mempopulerkan dirinya, single berjudul Wish I Stayed disediakan untuk didownload gratis di iTunes Store selama seminggu dari tanggal 22 – 28 Desember 2009.

 

Sebelum merilis album perdananya. Ellie Goulding pernah memenangkan poling BBC Sound of 2010 sebagai “top choices for rising stars and artists for the coming year. Acara tersebut menampilkan para kritikus, penyiar serta orang-orang yang berada di industry music papan atas. Ellie Goulding juga memenangkan Critic’s Choice Award pada acara 2010 BRIT Awards. Goulding juga sempat menuliskan sebuah lagu berjudul Love untuk album kedua dari penyanyi Gabriella Cilmi yang berjudul Ten. Ia juga menuliskan tiga lagu untuk Diana Vickers pada debut albumnya yang berjudul Song from the Tainted Cherry Tree. Ketiga lagu tersebut adalah Remake Me + You, Notice dan Jumping into Rivers. Lagunya yang berjudul Not Following juga digunakan oleh penyanyi asal Jerman bernama Lena untuk debut albumnya My Cassette Player. Goulding juga ikut berkolaborasi dengan seorang rapper bernamaTinie Tempah di lagu Wonderwoman pada album debut pria tersebut yang berjudul Disc-Overy di tahun 2010.

Light, album debut Ellie Goulding dirilis bulan Maret 2010, menempati posisi pertama di tangga album UK dan peringkat keenam tangga lagu Irlandia. Lagu-lagu dalam album tersebut juga menempati posisi bagus dalam tangga lagu UK seperti single Starry Eyed menempati posisi ke empat, The Writer di tempat ke 19 dan Guns and Horse di nomor 26. Light bereksperimen dengan genre music seperti indie pop, synth pop, folktronika, dan indietronika. Album ini mencapai jumlah penujalan 850.000 copy di UK dan 1,6 juta copy di seluruh dunia pada juni 2012. Pada Maret 2010, Goulding mengadakan tour untuk album Light nya dan didukung oleh Passion Pitt juga John Mayer selama John mengadakan tour Inggrisnya di bulan Mei. Agustus 2010, ia merilis EP (Extended Play) yang kedua Run into the Light yang berisi dari lagu remix dari album Light. Album ini didukung oleh perusahaan Nike dan dirilis oleh Polydor. November 2010, album Light dirilis ulang dengan mengubah judul menjadi Bright Light dengan penambahan 6 lagu. Perilisan kedua ini sebenarnya diumumkan akan dirilis pada bulan November 2010, namun dibatalkan karena bersamaan dengan itu ia merilis cover lagu Your Song dari Elton John untuk sebuah iklan Natal dari departemen store bernama John Lewis. Lagu ini kemudian menempati posisi kedua di puncak tangga lagu Inggris juga beberapa Negara di Eropa. Pada Januari 2011, diumumkan bahwa judul lagu dari album Light akan menjadi single kedua dari Bright Light.

 

Sumber :  http://profilselebriti.com/profil-dan-biodata-ellie-goulding-terlengkap/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar