Minggu, 28 Februari 2016

'Champagne Supernova'

Well, mungkin kebanyakan orang tahu bahwa 'Champagne Supernova' adalah sebuah lagu dari band rock Inggris bernama Oasis. Yup, 'Champagne Supernova' memanglah sebuah lagu yang dinyanyikan oleh Oasis dari album '(What's the Story) Morning Glory?' yang dirilis pada tahun 1996.

Tapi yang membuat saya tertarik akan lagu ini adalah bukan hanya musik yang enak didengar dan lirik yang bagus, tetapi judul lagunya yang dipakai untuk penyebutan supernova tipe 'SN 2003fg'. Anda bingung? Saya juga bingung.

Okay so, Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak daripada nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya semula bintang tersebut, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova, bintang tersebut akan melepaskan energi yang setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya, ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang dengan kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya) dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.

Nah, 'SN 2003fg' ini bisa dikatakan tipe supernova yang tidak biasa, yang bahkan secara teknis harusnya tidak ada. Mengapa demikian?

Menurut pemahaman saat ini (dan satu-satunya pemahaman yang saya pahami), bintang kerdil putih meledak sebagai supernova Tipe Ia saat massa mereka mendekati 1,4 kali massa matahari, yang disebut batas Chandrasekhar.
Namun, nenek moyang dari SN 2003fg mencapai dua massa matahari sebelum meledak.

Informasi semacam ini mungkin terlalu sulit dicerna untuk kapasitas otak anak SMP macam saya, yang tidak begitu paham tentang ilmu astronomis namun anehnya bisa sangat mencintai ilmu astronomis.

Jadi awalnya, saya membaca sebuah novel berjudul 'Forgiven' yang ditulis oleh Morra Quarto. Ini novel Indonesia, novel yang menurut saya sangat mudah dipahami dengan cerita yang tidak begitu rumit. Sang penulis beberapa kali menyebutkan kata 'Champagne Supernova' yang membuat saya penasaran. Awalnya saya kira, 'Champagne Supernova' adalah sebuah nama konstelasi bintang yang berbentuk sepasang sayap (seperti sampul buku novel tersebut). Jadi saya cari apa sebenarnya 'Champagne Supernova' ini, yang akhirnya membuat saya menyukai ilmu Astronomis.

And then, betapa terkejutnya saya ketika mendapati bahwa 'Champagne Supernova' ini hanyalah sebuah lagu, yang membuat saya semakin kebingungan. Lalu saya cari lagi  istilah 'Champagne Supernova' dalam ilmu Astronomi. Kebingungan ini membuat saya merasa bodoh sekaligus penasaran.

Awalnya saya lega, saat mengetahui bahwa memang ada istilah 'Champagne Supernova' dalam ilmu Astronomi. Nah, bertemulah saya dengan istilah 'SN 2003fg' ini.

Pertanyaan saya sekarang:

1. Mengapa 'SN 2003fg' disebut dengan nama 'Champagne Supernova'?
2. Mengapa Morra Quarto, dalam novel 'Forgiven' menggambarkan seolah-olah 'Champagne 
    Supernova' ini adalah sebagai bentuk konstelasi?

Saya masih mencari jawaban dari dua pertanyaan tersebut, yang sampai saat ini belum benar-benar terjawab. Saya sempat mencari jawabannya di beberapa artikel berbahasa inggris, namun masih tidak dapat jawaban apapun.
  
Saya harap melalui postingan tidak jelas ini, saya bisa menemukan orang genius diluar sana yang dengan senang hati mau menjelaskan jawaban dari pertanyaan diatas.

Peace, Love, and Gaul
Hasna Luthfi

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Supernova
https://en.wikipedia.org/wiki/SN_2003fg
https://www.caltech.edu/news/champagne-supernova-challenges-ideas-about-how-supernovae-work-1188
http://io9.gizmodo.com/5940106/there-really-is-such-a-thing-as-a-champagne-supernova

1 komentar:

  1. Terimakasih akhirnya penasaran saya dengan maksud judul lagu oasis sudah terjawab :D

    BalasHapus