Selasa, 09 Februari 2016

All About Food - Tips : Jangan Panaskan Ulang 6 Jenis Makanan Ini!

 

 

Mungkin sebagian orang pernah menghangatkan kembali makanan sisa atau makanan yang belum sempat dimakan, hal ini sudah dianggap lumrah. Namun, ternyata mengkonsumsi makanan yang sudah lama disimpan dan menghangatkannya kembali bukanlah hal yang baik. Karena beberapa makanan bisa berubah komposisinya setelah dipanaskan ulang, sehingga kandungan gizinya akan hilang, atau bahkan menjadi beracun. Berikut makanan yang tidak dianjurkan untuk dihangatkan kembali :

1.    Jamur

Masakan dengan bahan jamur tidak boleh dipanaskan ulang, karena akan ada perubaha komposisi proteinnya, dan bahkan ada perubahan rasa. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, dan kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur. Jadi sebaiknya, masakan berbahan jamur dimakan sesegera mungkin ketika sudah dimasak.

2.    Ayam

Sama halnya dengan jamur, jika ayam dipanaskan ulang maka komposisi proteinnya akan berubah. Jika ingin memanaskan ulang masakan berbahan ayam, maka cukup panaskan dalam suhu yang tidak terlalu tinggi, dalam waktu singkat hingga masakan terasa cukup hangat.

3.    Kentang

Kentang jika dipanaskan akan berpotensi menjadi beracun. Maka makanlah segera setelah dimasak atau makan dalam kondisi dingin tanpa perlu memanaskannya kembali.

4.    Bayam

Bayam adalah makanan yang mengandung banyak nitrat, yang jika dipanaskan berulang kali akan mengubah kandungan nitrat menjadi nitrit. Nitrit berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh manusia, jadi sangat dianjurkan agar hanya memakan masakan bayam dalam kondisi segar, makanlah segera setelah masakan matang.

5.    Seledri

Seledri paling sering digunakan untuk sup, seledri juga mengandung nitrat yang akan berubah jadi nitrit yang sifatnya karsinogenik (pemicu kanker) jika dipanaskan ulang. Jika anda ingin memanaskan ulang sup anda sebaiknya buang terlebih dahulu potongan-potongan seledrinya.

6.    Telur

Telur adalah makanan berisiko tinggi jika dipanaskan ulang. Telur akan menjadi sangat beracun jika terkena paparan suhu tinggi secara berulang. Terutama telur yang dimasak dengan cara direbus atau dimasak dalam kondisi bulat dengan bagian kuningya tetap di dalam.

Sumber : http://kabarsalam.blogspot.co.id/2015/04/untuk-para-ibu-jangan-panaskan-ulang-6.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar