Senin, 29 Februari 2016

Lana Del Rey

 
 
Lana Del Rey adalah seorang penyanyi wanita asal Amerika Serikat. Nama aslinya adalah Elizabeth Woolridge Grant, namun kini lebih dikenal dengan nama Lana Del Rey. Ia lahir pada tanggal 21 Juni 1985 di kota New York City. Selain sebagai penyanyi, ia juga merupakan seorang penulis lagu dan model. Ia pertama eksis di tahun 2010 dengan merilis album debut. Sejak itu, Lana Del Rey konsisten merilis karya-karya terbaru. Ia mengambil genre musik indie pop dan psychedelic rock. Lagu-lagunya banyak mengandung unsur mellow yang mendayu-dayu.
 
Lana Del Rey memulai karir sebagai penulis lagu di umur 18 tahun. Ia bergabung dengan label rekaman pertamanya di tahun 2007. Baru pada tahun 2010 ia menyelesaikan materi album debutnya, yang diberi judul self-titled Lana Del Ray. Album pertamanya bisa dibilang tidak terlalu sukses. Karena satu dan lain masalah, ia akhirnya memutuskan kontrak dengan label tersebut sebelum pindah ke label rekaman lain.

Pada tahun 2012, ia merilis album studio kedunya, Born to Die. Album ini pun mampu sukses dan mampu melambungkan nama Lana Del Rey ke jagad industri musik dunia. Born to Die sukses masuk top 10 US Billboard 200 dan menjadi album paling laris kelima di tahun tersebut. Beberapa single nya juga mampu menjadi hits.

Lana Del Rey sempat menulis lagu sebagai lagu soundtrack film The Great Gatsby di tahun 2013. Lagu tersebut berjudul Young and Beautiful dan menjadi salah satu lagu terpopulernya. Ia juga beberapa kali merilis mini album / extended plays (EP) yang berisi beberapa lagu baru. Lana Del Rey juga beberapa kali menerima penghargaan berkat materi di album Born to Die dan lagu tema The Great Gatsby.

Tahun 2014 ditandai Lana Del Rey dengan merilis album ketiganya. Album berjudul Ultraviolence dirilis pada bulan Juni 2014. Album ini sukses memuncaki tangga album Billboard 200 di minggu pertamanya. Beberapa single nya pun layak masuk dalam list lagu terbaik tahun 2014. Ia pun masih dalam tahap promosi album ini sebelum melakukan tur konser di tahun 2015 mendatang.

Lana Del Rey dikenal berkat lagu-lagunya yang mellow. Bahkan banyak lagu-lagunya yang layak disebut sebagai lagu depresi. Beberapa pihak juga menyebut jika musik Del Rey terinspirasi dari musik-musik bioskop klasik. Belum lagi lirik lagunya yang mengambil beberapa referensi pop kultur dan banyak mengambil pilihan kata yang puitis. Namun hal itu lah yang menjadi faktor pembeda Lana Del Rey dari penyanyi-penyanyi wanita lain, yang cenderung menyanyikan musik-musik mainstream yang laku di pasaran. Kita nantikan saja karya-karya terbarunya.

Sumber : http://museummusik.blogspot.co.id/2014/12/biografi-lana-del-rey.html#ixzz41Y7PKwFL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar